Tahun 2020 sudah tiba. Rencana liburan pada tahun 2020 sudah bisa kamu lakukan dengan mencatat jadwal libur nasional dan yang sudah diumumkan secara resmi oleh pemerintah beberapa waktu lalu. Pada tahun 2020, setidaknya ada 16 hari tanggal merah dan empat hari bersama, sudah termasuk tahun baru 2020. Berikut ini jadwal hari libur nasional di tahun 2020 dan siasat pengambilan cuti agar kamu mendapatkan a tau liburan akhir pekan panjang.

Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Sabtu. Jika kamu termasuk pekerja yang biasa harus kerja pada hari Sabtu, maka ini kesempatan untuk mendapat tambahan libur. Kamu bisa mendapatkan waktu libur sampai tiga hari dengan mengambil cuti mulai tanggal 24 Januari 2020 yang jatuh pada hari Jumat. Jadi, libur long weekend yang bisa kamu dapatkan adalah pada tanggal 24 25 26 Januari.

Libur Isra Mi’raj jatuh pada hari Minggu. Bisa saja kamu mengambil satu hari cuti pada hari Jumat, 20 Maret 2020. Jadi kamu mendapatkan libur panjang tiga hari. Libur Hari Raya Nyepi berlangsung pada tengah minggu. Cara mudah ambil cuti agar bisa long weekend adalah, ambil cuti pada hari Senin Selasa tanggal 23 24 Maret. Nantinya, libur yang kamu dapatkan bisa sampai 5 hari, yaitu hari mulai hari Sabtu 21 Maret hingga Rabu 25 Maret.

Hari raya Jumat Agung jatuh pada hari Jumat. Kamu bisa mengambil cuti pada hari Kamis tanggal 9 April. Lalu libur nasional jatuh pada hari Jumat tanggal 10 April, dan ada lagi di tanggal 11 12 April. Untuk libur Hari Buruh pun sistemnya sama dengan hari Jumat Agung, yaitu kamu bisa mengambil cuti pada hari Kamis tanggal 30 April. Liburanmu akan berlangsung hingga akhir pekan di tanggal 3 Mei 2020. Libur Hari Waisak yang jatuh pada hari Kamis membuat kamu mendapatkan kesempatan “hari kejepit” atau hari masuk kerja yang terjepit hari libur nasional dan akhir pekan. Kamu bisa mengambil cuti pada hari Jumat tanggal 8 Mei 2020 untuk mendapatkan libur akhir pekan hingga tanggal 10 Mei.

Hal yang sama juga berlaku untuk hari Kenaikan Isa Almasih yang juga jatuh pada hari Kamis. Kamu bisa mengambil cuti pada hari Jumat tanggal 22 Mei dan menikmati libur akhir pekan hingga 4 hari. Kamu bisa mendapatkan hingga 4 hari liburan pada Hari Raya Idul Fitri. Caranya, ambil cuti pada hari Kamis tanggal 21 Mei. Karena pada tanggal 22 Mei sudah berlaku cuti bersama, tanggal 23 Mei kamu akan mendapatkan libur akhir pekan pada hari Sabtu. Lalu pada hari Minggu – Senin tanggal 24 25 Mei adalah jatuhnya Hari Raya Idul Fitri.

Liburan berlanjut hingga tanggal 26 27 Mei dengan adanya sesi cuti bersama. Jika kamu masih punya jatah cuti yang cukup banyak, bisa sekaligus mengambil cuti pada tanggal 28 29 Mei dan berlanjut ke libur akhir pekan lainnya tanggal 30 31 Mei. Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari Senin, bisa kamu manfaatkan juga jadi long weekend . Caranya dengan mengambil cuti pada hari Jumat tanggal 29 Mei. Liburanmu akan berlanjut dengan libur akhir pekan pada tanggal 30 31 Mei dan ditutup dengan libur nasional pada tanggal 1 Juni.

Untuk Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat, kamu bisa mengambil cuti mulai hari Kamis tanggal 30 Juli. Setelah libur nasional, akan datang libur akhir pekan pada tanggal 1 2 Agustus. Di Hari Kemerdekaan yang jatuh pada hari Senin, kamu bisa mengambil cuti pada hari Jumat tanggal 14 Agustus. Setelahnya adalah libur akhir pekan pada tanggal 15 16 Agustus dan ditutup dengan libur nasional pada tanggal 17 Agustus. Total hari libur yang bisa kamu dapatkan adalah 4 hari.

Bagi kamu yang masih memiliki stok cuti cukup banyak, bisa juga sekalian mengambil cuti pada tanggal 18 dan 19 Agustus. Pasalnya, tanggal 20 Agustus merupakan hari libur nasional Tahun Baru Islam. Jika dijumlahkan dengan long weekend yang kamu dapatkan dari keduanya, total liburan kamu berjumlah sampai 10 hari. Untuk Tahun Baru Islam kamu bisa mengambil cuti pada hari Jumat tanggal 21 Agustus. Liburanmu akan berlangsung hingga akhir pekan tanggal 23 Agustus.

Hari libur terakhir di tahun 2020 yang bisa kamu manfaatkan untuk long weekend adalah Hari Natal yang jatuh pada hari Jumat tanggal 25 Desember. Skemanya, kamu bisa mengambil cuti pada hari Rabu tanggal 23 Desember. Karena cuti bersama ada pada tanggal 24 Desember, kamu bisa melanjutkan hingga liburan hingga akhir pekan tanggal 27 Desember 2020.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *