Sebuah rumah yang telah puluhan tahun kosong tak berpenghuni yang disebut Akiya, di Kitaku Tokyo dihancurkan mulai Selasa (14/1/2020) sekitar jam 90.00 waktu Jepang. Rumah ini adalah Akiya yang ketiga diruntuhkan berdasarkan UU Tindakan Khusus untuk Pembongkaran Rumah Rumah yang Tidak Dihuni sejak diefektifkan pemerintah sekitar pertengahan tahun lalu. Dengan UU baru tersebut memungkinkan pemerintah mengambil tindakan tegas untuk menghancurkan Akiya yang dianggap bisa mengganggu lingkungan sekitarnya, baik membahayakan sekitarnya, maupun misalnya menimbulkan bau tak sedap bagi sekitarnya.

Pemilik rumah di Kitaku telah dicari pemerintah lewat pendaftaran yang ada, tetapi tidak ditemukan. Menurut UU baru tersebut, pemerintah berhak untuk menghancurkan Akiya tersebut tanpa sepengetahuan pemilik rumah dan atau keluarganya setelah dikeluarkan surat peringatan sebelumnya. Biaya pembongkaran sekitar 3 juta yen, ditanggung oleh Pemda Tokyo separuh dan separuh lagi ditanggung Pemda Kitaku.

Tahun 2033 jumlah Akiya di Jepang diperkirakan akan mencapai 19,55 juta rumah karena jumlah penduduk yang semakin berkurang dan tingkat usia penduduk rata rata diperkirakan mencapai sekitar 70 tahunan. Bagi penggemar Jepang dapat ikut diskusi dan info terakhir dari WAG Pecinta Jepang. Email nama lengkap dan nomor whatsapp ke: [email protected]

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *