Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin, menegaskan bahwa Liga Champions dan Liga Eropa harus selesai pada 3 Agustus 2020. Ditengah wabah corona yang sedang meluas saat ini, Liga Champions dan Liga Eropa terpaksa dihentikan. Ini, membuat UEFA sebagai induk sepak bola tertinggi Eropa memutar otak mengenai keberlanjutan kompetisi.

Akan tetapi, Aleksandar Cerefin menegaskan bawah Liga Champions dan Liga Eropa harus selesai pada Tanggal 3 Agustus 2020. "Itu (Liga Champions dan Liga Eropa) harus selesai pada 3 Agustus, ini adalah situasi yang sulit bagi kami, jadi kami sangat fleksibel mengenai tanggal dan waktu sepak mula, semakin cepat krisis selesai semakin cepat kompetisi berjalan," buka Cerefin. Pria asal Slovenia ini juga memiliki beberapa alternatif untuk menyelesaikan kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa.

Salah satunya adalah menggelar laga dengan formas satu kali tanding di tempat netral, di babak perempat final ataupun Semifinal. "Bisa saja kompetisi berjalan normal, atau dengan cara sistem satu kali bertanding di tempat netral, untuk saat ini, opsi lainnya dengan memainkan laga final 8 besar ataupun empat besar, "Yang terpenting saat ini adalah kesehatan dan keselamatan baik pemain, wasit ataupun fans, bagaimanapun kami dalam situasi yang terkendali, saya tidak melihat adanya masalah," pungkas pria yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Liga liga di Eropa kemungkinan besar akan kembali mulai bulan Juli. Saat ini, UEFA, ECA (European Club Association) dan European Leagues (EL) telah bertemu dan menghasilkan keputusan untuk memulai kembali Liga liga di Eropa pada bulan Juli. Sejauh ini liga dihentikan karena sabah Corona aau Covid 19 yang menyebar di seluruh Dunia.

Di dalam 55 anggota tersebut terdapat perwakilan klub, Liga dan juga asosiasi sepak bola Negara. Mereka menganggap Bulan Juli adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali Liga yang terhenti karena wabah ini. "Adalah hal yan sangat penting untuk menjelaskan meskipun wabah sedang menyerang, tidak menghalangi kompetisi yang sedang berjalan, dimana semua gelar ditentukan oleh hasil pertandingan,"

"Sebagai bentuk dari tanggun jawab dalam olahraga, kami memastikan bahwa semua sudah direncanakan dan semua kemungkinan sudah kami analisis, sehingga kami memiliki solusi "Kami yakin, sepak bola bisa kembali dalam beberapa bulan, yang tentu ditentukan oleh otoritas terkait, dan kami yakin bahwa segala keputusan untuk menyelesaikan liga saat ini adalah hal yang prematur dan tidak adil," seperti penjelasan resmi UEFA. UEFA akan kembali menggelar rapat pada hari Rabu, (8/4/2020).

Pernyataan yang dilontarkan UEFA tidak lepas dari beberapa liga yang mendesak penghentian kompetisi. Belanda misalnya, beberapa klub dan otoritas liga meminta pada induk sepak bola mereka, KNVB untuk menghentikan Liga di tengah wabah. Pihak UEFA kini bekerja keras untuk menyiapkan semuanya agar paling lambat liga bisa kembali berjalan pada 30 Juni 2020.

"Kami menyiapkan tim dan beberapa pertemuan untuk memastikan kompetisi tetap berjalan, kami menyiapkan rencana untuk itu. "Fokus saat ini adalah untuk mebuat skenario Liga selesai dibulan Juli dan Agustus, untuk membuat jadwal UEFA dan liga domestik sejalan, manajemen waktu sangat penting saat ini dengan jadwal yang sangat terlambat, "Krisis kesehatan saat ini yang disebabkan oleh penyebaran Covid 19, memberikan ancaman terhadap kesehatan masyarakat, ini merupakan prioritas nomor satu yang tidak terbantahkan, telah secara dramatis menghantam semua industri dan sektor ekonomi,"

Surat ini ditandatangani oleh presiden UEFA Aleksander Ceferin, ketua ECA Andrea Agnelli dan presiden EL Lars Christer Olsson. KLiga ChampionsdanLiga Europa2019 2020 sampai pemberitahuan berikutnya. Pada Rabu (1/4/2020) malam WIB,UEFAmengadakan pertemuan telekonferensi dengan perwakilan 55 asosiasi negara Eropa untuk membahas nasib Sepakbola Benua Biru musim 2019 2020.

Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa keputusan. Salah satunya adalah menunda gelaranLiga ChampionsdanLiga Europaedisi 2019 2020. Sedianya, kedua kompetisi sepak bola level klub Eropa itu akan berakhir pada bulan Mei mendatang.

Akan tetapi, dikarenakan wabahvirus coronayang tak kunjung mereda,UEFAmemutuskan untuk menundanya karena alasan kesehatan baik atlet maupun penontonnya. Selain menunda gelaranLiga ChampionsdanLiga Europamusim ini,UEFAjuga mengeluarkan beberapa keputusan lainnya. Sampaikan apa saja keputusan pertemuanUEFAdengan 55 asosiasi sepak bola Eropa yang digelar 1 April 2020.

Semua pertandingan tim nasional untuk pria dan wanita yang akan dimainkan pada Juni 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini termasuk pertandingan play off untuk Euro 2020 dan pertandingan kualifikasi untukUEFAWomen's EURO atau Piala Eropa Wanita 2021.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *