Kikiamakhir akhir ini menjadi perbincangan warganetlantaran disebutkan menjadi sajian sarapan untuk tim atlet sepak bola perempuan FilipinaSEA Games 2019. Seperti dikutip dari ABS CBN berawal dari pelatihtim atlet sepak bola putri Filipina, Let Dimzon mengeluhkan sajian nasi, telur, dan kikiam yang ia sebut berasal dari hotel tempat atlet dan ia menginap. Baginya sarapan tersebut kurang bergizi bagi atlet yang akan menghadapi pertandingan besar.

Pernyataan Dimzon menimbulkan kekhawatiran bagi peserta SEA Games dan netizen. Bukan cuma soal gizi, melainkan kikiam di Filipina umumnya terbuat dari daging babi dicampur ikan. Sedangkan peserta SEA Games terdiri dari berbagai latar belakang negara dan agama.

Hingga akhirnya panitia SEA Games dan pihak hotel melakukan konfrensi pers untuk menjawab isu kikiam yang disajikan kepada peserta SEA Games. Seperti dilansir dari situs ABS CBN makanan yang dikira kikiam adalah sosis ayam. Lantas seperti apa sebenarnya kikiam?

Kikiamadalah makanan jalanan yang populer dan kerap dijajakan oleh pedagang kaki lima Filipina. Bentuk utuhnya menyerupai otak otak dan biasa disajikan dengan cara dipotong kecil kecil. Rasa kikiam yang unik berasal dari daging babi dan daging ikan cincang, dicampur wortel dan bawang.

Campuran tersebut kemudian diberi bubuk lima rempah. Adonan kikiam dibentuk panjang panjang kemudian digoreng. Ada juga versi kikiam yang membalut adonan dengan kulit kembang tahu kemudian digoreng.

Di Indonesia sendiri juga ada makanan yang mirip kikiam, disebutngo hiang. Hidangan ini merupakan khas Hokkian dan Teochew yang banyak diadopsi di negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, serta Thailand. Untuk membuat kikiam resepnya juga terbilang mudah dan dapat diganti dengan daging non babi seperti ayam atau udang. Berikut ini adalah resep kikiam, dilansir dari situs Yummy Philippines, dengan durasi waktu pembuatan sekitar 30 menit:

Pertama siapkan nahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat 8 gulungan Kikiam, yaitu 1 kilogram daging babi giling, 1/2 kilogram fillet ikan putih, 2 cangkir bawang merah yang dikupas dan potong kasar. Kemudian 1/3 cangkir bawang putih yang dikupas, 1 cangkir wortel kupas dan potong kasar, 2 sendok makan bawang hijau, 1/2 cangkir tepung jagung, 2 sendok teh garam, 1 sendok teh lada hitam, 2 sendok makan gula, 1 2 sendok makan gula, 1 2 sendok teh bubuk lima rempah, dan minyak goreng. Langkah langkahnya sebagai berikut:

Langkah pertama yaitu menambahkan beberapa bahan seperti daging babi, fillet ikan, bawang merah, bawang putih, wortel, bawang hijau, tepung maizena, garam, merica, gula, dan bubuk lima rempah. Campurkan secara merata hingga menjadi adonan yang konsisten. Lalu pindahkan ke mangkuk, dan dinginkan di kulkas selama 30 menit. Langkah kedua yaitu menempatkan campuran daging di atas lembaran aluminium foil yang panjang dan bentuk menjadi gulungan.

Langkah berikutnya memanaskan steamer terlebih dulu. Kemudian kukus kikiam selama 15 menit. Dinginkan kemudian disimpan dalam lemari pendingin sampai siap untuk dimasak. Sekadar informasi, kikiam dapat disimpan dalam freezer selama satu bulan. Langkah terakhir yaitu memasak kikiam. Goreng kikiam dengan api sedang selama 2 hingga 3 menit di setiap sisinya. Jika sudah selesai, tiriskan di atas tisu.

Kemudian, iris kikiam sebelum disajikan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *