Tim promosi Liga 1 2020 Persita Tangerang telah melengkapi kuota pemain asing untuk musim ini. Yakni Yevhen Budnik, pemain asing keempat yang didatangkan tim berjuluk Pendekar Cisadane dari FC Urartu, liga utama di Armenia. Yevhen Budnik resmi berseragam Persita Tangerang setelah menandatangani kontrak pada Selasa (21/1/2020).

Pemain berusia 29 tahun tersebut sempat memperkuat timnas U21 Ukraina tahun 2011. Memiliki tinggi badan 185 cm, 4 gol dilesatkannya dari 9 pertandingan bersama FC Urartu. Dia hadir dalam latihan Persita Tangerang di Stadion Sport Center, Tangerang, Banten, Selasa (21/10/2020).

Menggunakan jersey nomor punggun 3, Yevhen langsung bergabung untuk melakukan pemanasan, paca tanda tangan kontrak. Yevhen Budnik bakal bergabung dengan punggawa asing Pendekar Cisadane lainnya yakni, Mateo Bastos, Eldar Hasanovic, dan Tairlan Kozubaev. Mateo Bastos dan Eldar Hasanovic akan menjadi kekuatan baru di lini tengah Persita Tangerang musim depan.

Sementara Tamirlan Kozubaev merupakan pemain bertahan asal Kyrgyzstan. Lahir 1 Juli 1994 di Kara Suu, Kyrgyzstan. Saat ini berada di usia 25 tahun. Posisi Tamirlan sebagai bek tengah, namun dia juga pernah mencicipi posisi full back.

Musim lalu Tamirlan tergabung bersama klub Malaysia, PKNS FC. Dia sempat mencicipi Liga Serbia dan Liga Lithuania bersama Siauliai dan Granitas Klaipeda. Pada kesempatan pertama menjalani sesi latihan, Tamirlan mengaku berat lantaran belum beradaptasi dengan cuaca di Indonesia.

"Saya merasa baik pada latihan sore ini. Tapi sedikit berat karena perbedaan cuaca. Di negara saya (Kyrgyzstan) cuacanya sangat dingin, namun di sini panas," ujar Tamirlan seusai sesi latihan. Pemain yang musim lalu bermain untuk klub Malaysia, PKNS FC itu mengungkapkan butuh waktu sekitar 5 7 hari kedepan untuk beradaptasi dengan cuaca Indonesia. "Saya rasa 5 atau 7 hari cukup untuk saya dalam beradaptasi. Itu lebih baik," ujarnya melanjutkan.

Menurut Tamirlan Kozubaev, Persita Tangerang merupakan salah satu tim besar di Indonesia. Dia memiliki tekad untuk membawa Laskar Cisadane bertahan di kompetisi sepakbola tertinggi Indonesia itu. "Ini adalah tim besar. Setelah 5 tahun kembali ke kasta sepakbola tertinggi yaitu Liga 1. Jadi Persita adalah tim promosi musim ini, dan kami akan berusaha untuk bertahan di Liga 1," kata Tamirlan.

Eldar Hasanovic lahir 30 tahun lalu di Saravejo, Bosnia Herzegovina. Musim lalu dia bergabung bersama Rednik Bijelj sebelum memutuskan hengkang ke Persita. Eldar berposisi sebagai gelandang, dia bisa ditempatkan di tengah, bertahan, dan gelandang serang.

Eldar juga sempat membela Bosnia U19 dan 21 dengan mencatatkan total 12 penampilan. Memiliki nama lengkap Daniel Mateo Bustos, gelandang serang berusia 27 tahun ini berasal dari Argentina. Mateo pernah bergabung dengan Portuguesa (Brasil) 2017, Naxxar Lions (Malta) 2017 2018.

Bersama Naxxar Lions FC, Mateo tampil dalam 18 pertandingan dengan mencetak masing masing 4 untuk gol dan asis di kompetisi domestik. Di sisi lain, pemain asing Persita Mateo Bustos tampak akrab dengan punggawa Cisadane, Dallen Doke dan Zikri Akbar dalam sesi latihan, Rabu (15/1/2020). Seperti diketahui, Dallen Doke dan Zikri Akbar pernah menimbah ilmu di luar negeri.

Dallen di Spanyol sementara Zikri di Uruguay, keduanya fasih berbahasa Spanyol yang juga digunakan oleh Mateo Bustos.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *