Media asing menyoroti hasil tes virus corona Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana, Kamis (19/3/2020). Jokowi mengumumkan bahwa ia dan Iriana dinyatakan negatif Covid 19. Kabar Jokowi dan Iriana itu diberitakan kembali oleh media asing tingkat Asia asal Singapura, Straits Times .

Diketahui, di Indonesia, virus corona telah merenggut 32 nyawa dan menginfeksi 369 di negara berpenduduk terbesar keempat di dunia ini per Jumat (20/3/2020) pukul 18.45 WIB. Dalam sebuah video yang diposting di YouTube, Jokowi mengatakan "Empat hari yang lalu, Ibu Iriana dan saya mengikuti tes Covid 19 dan hasilnya diserahkan kemarin,". "Alhamdulillah, kami dinyatakan negatif," kata Jokowi dikutip dari .

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan orang Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid 19 dengan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Dalam video itu, ia juga berterima kasih kepada petugas kesehatan. "Atas nama rakyat Indonesia, negara bagian dan bangsa, saya ingin mengucapkan terima kasih dan menyatakan penghargaan tertinggi saya kepada para dokter dan perawat, dan rumah sakit, yang bekerja keras dengan dedikasi penuh dalam melayani dan merawat pasien Covid 19," kata Jokowi.

"Saya harap semua diberikan kesehatan yang baik," ucapnya. Para menteri Indonesia sejak Sabtu (14/3/2020) lalu juga mengikuti tes Covid 19 di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto di Jakarta Pusat. Diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut sebelumnya.

Setelah tes, sejumlah pemimpin termasuk Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Johnny Plate, dan Menteri Perencanaan Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, menyatakan secara terbuka bahwa mereka telah diuji negatif. Informasi terbaru wabah virus corona telah menyebar hingga 181 negara di seluruh dunia. Sejumlah 251.413 kasus telah dikonfirmasi terinfeksi wabah virus corona atau covid 19.

Lebih lanjut, dikutip dari coronavirus.thebaselab.com, 88.999 orang telah dinyatakan pulih per Jumat (20/3/2020) pukul 18.50 WIB. Sejumlah 10.395 kematian tercatat di seluruh dunia. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona sebagai pandemi global, Kamis (11/3/2020).

Virus tersebut dapat menular dari manusia ke manusia yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan. Untuk itu, penting mengenali lebih jauh tentang gejala dan pencegahan virus corona. Gejala yang ditimbulkan meliputi bersin, pilek, kelelahan, batuk, dan sakit tenggorokan.

Kemudian, pencegahan virus corona dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, rajin cuci tangan menggunakan sabun atau pembersih tangan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *