Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang pertama resmi ditutup pada Kamis (16/4/2020) kemarin. Sebanyak 2.078.026 peserta telah lolos verifikasi awal dalam pendaftaran Kartu Pra Kerja ini. Seperti yang diketahui sebelumnya, 2 juta peserta yang lolos verifikasi awal Kartu Pra Kerja ini, nantinya diperkecil menjadi 200 ribu orang saja.

Lalu, bagaimana sisanya? Dikutip dari , Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan mereka yang belum lolos gelombang pertama masih memiliki kesempatan di gelombang selanjutnya. Pada gelombang selanjutnya, 1,87 peserta tidak perlu daftar ulang dari awal.

Airlangga bilang, mereka akan menerima e mail berisi situs peladen (link) untuk mengikuti gelombang kedua. "Bagi 1.878.026 yang belum ikut batch pertama tidak perlu daftar ulang." "Nanti akan (kami) beri e mail untuk link di komputer atau smartphone, untuk klik ke batch 2 dan seterusnya sehingga tidak perlu ulang seluruh proses di awal," kata Airlangga dalam konferensi video, Kamis (16/4/2020).

Sementara bagi 200.000 orang terpilih, peserta bisa langsung mengikuti pelatihan yang disediakan. Dengan mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikasi elektronik. Sementara itu, bagi kalian yang belum berhasil bergabung dalam gelombang pertama pendaftaran Kartu Pra Kerja, pemerintah akan membukanya kembali.

Dijadwalkan, pemerintah akan membuka pendaftaran gelombang kedua Kartu Pra Kerja pada Senin, 20 April 2020 pukul 10.00 WIB sampai Kamis, 23 April 2020 pukul 16.00 WIB. Hal itu disampaikan dalam akun Instagram @prakerja.go.id. "Bagi kamu yang belum berhasil bergabung ke gelombang pendaftaran minggu ke 1, jangan bersedih!

Kamu masih bisa bergabung ke gelombang pendaftaran minggu ke 2 kok. Semoga berhasil, ya! #SiapDariSekarang," tulis akun tersebut. Kunjungi laman prakerja.go.id, pastikan Anda memiliki email aktif.

Pilih 'daftar'. Masukkan nama lengkap, email, dan kata sandi. Masukkan konfirmasi kata sandi, kemudian centang kotak persetujuan.

Klik 'Daftar' Selanjutnya verifikasi email. Cek email untuk melakukan verifikasi.

Kunjungi laman prakerja.go.id, pastikan telah memiliki akun. Login, kemudian masuk ke Dashboard. Isi verifikasi KTP.

Klik 'Berikutnya'. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan memegang KTP. Lakukan Verifikasi nomor Telepon.

Klik 'Kirim'. Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, pemohon diwajibkan melakukan deklarasi survei. Berikutnya pemohon wajib mengikuti tes.

Setelah selesai tes, pendaftaran, pemohon ikut seleksi batch, pilihlah batch yang diinginkan disesuaikan dengan domisili. Pendaftaran selesai, silakan menunggu proses evaluasi pendaftaran. Tunggu notifikasi lolos/gagal.

Selain itu, pada halaman Frequently Asked Questions ditegaskan, Kartu Pra Kerja bukan untuk menggaji pengangguran. Sementara Kartu Pra Kerja dapat dimiliki WNI usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Pra Kerja.

Melalui akun Instagram @prakerja.go.id menginfokan tiga hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftar kartu pra kerja yakni: Pastikan koneksi internet stabil. Buat akun Kartu Pra Kerja

Siapkan data diri. Sementara itu, setidaknya ada tiga syarat mudah untuk mendaftar kartu prakerja, yakni: Warga Negara Indonesia (WNI)

Usia di atas 18 tahun. Tidak sedang sekolah/kuliah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *