Masuk dalam deretan kaleidoskop Mei 2019, foto lawas Jokowi cium tangan Gus Dur tak sengaja ditemukan. Akhirnya terungkap hal besar ini. Sosok yang menemukan foto lawas Jokowi cium tangan Gus Dur 13 tahun lalu ini tak lain adalah seorang fotografer. Ia adalah fotografer Blontank Poer yang menemukan momen manis pertemuan Jokowi dengan Gus Dur.

Secara tak sengaja fotografer Blontank Poer menemukan foto Jokowi di awal masa jadi Walikota Solo tahun 2006 mencium tangan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ada hal besar terungkap dari foto foto Jokowi cium tangan Gus Dur tersebut, yakni jejak kesantrian Jokowi sejak 2006 ternyata sudah terlihat! Setidaknya itulah persepsi dari pemilik foto tersebut yakni fotografer Blontank Poer.

Ia melihat jejak kesantrian Jokowi, tidak hanya karena adegan Jokowi cium tangan Gus Dur, namun juga dari cara duduk dan bahasa tubuh Jokowi saat menemani duduk di sebelah Presiden Ke 4 Republik Indonesia itu. "Tak sengaja bersih bersih CD koleksi foto lama, nemu adegan Pak Jokowi mencium tangan Gus Dur. Peristiwa di Kraton Surakarta itu, menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30, 8 Januari 2006.

Berarti, itu baru beberapa bulan Pak @jokowi menjabat Walikota Surakarta," tulis Blontank Poer di laman Facebook. "Jebul (ternyata) pada masa itu sudah kelihatan jejak kesantrian Jokowi. Tak hanya bisa disimak dari adegan cium tangan, tapi juga bahasa tubuhnya ketika duduk bersebelahan dengan orang besar bernama KH Abdurrahman Wahid," sambung Blontank Poer.

Dan begitu dibagikan, foto foto lawas Jokowi cium tangan Gus Dur cepat menyebar dan di like ribuan Facebooker. "Foto pak jokowi dan gus dur yg diambil dari timeline pak dheBlontank Poerluar biasa digemari. buktinya dibagi lebih dari duaribuan, belum yg diambil fotonya dan dibagikan. Rasanya kerinduan pada Gus Dur gak pernah padam. Al Fatehah," tulis Facebooker bernama Sururi Arumbani .

Akun akun Facebook ramai mengunggah momen tersebut bermunculan. Salah satunya dari akun Facebook Hamim Thohari. "Photo dengan jutaan makna…

Keping sejarah bertautan, berkelindan memberi arah Gus Dur dan pengagumnya… Sembah nuwun pakdheBlontank Poeratas jepretan bersejarahnya, pada suatu waktu di tahun 2006.." tulis akun Facebook @HamimTohari.

"Kenangan banyak orang tentang almarhum Gus Dur selalu membersitkan kerinduan. Bapak bangsa yang konsisten menjaga pluralisme Indonesia. Hormat Presiden !" tulis Facebooker Dwi Munthaha soal karya foto Blontank Poer tersebut. Tak hanya di Facebook, juga viral di Twitter, dan Instagram. Mengutip Blontank Poer juga menuliskan asal usul dari foto tersebut.

Ada empat foto Jokowi dan Gus Dur yang ia unggah. Blontank Poer juga menyertakan waktu dan keterangan foto foto hasil jepretannya yang ia ambil dari sebuah kamera. Akun itu pun menuliskan bahwa ia tak sengaja menemukan foto foto tersebut saat tengah memberishkan CD koleksi foto lama miliknya.

Dia berkata tak sengaja menemukan momen saat Jokowi dan Gus Dur duduk bersama dalam sebuah acara. Yakni dalam acara di Keraton Kasuanan Surakarta (Keraton Solo) hasil kamera Canon EOS D30 tertanggal 8 Januari 2006. Atau beberapa bulan setelah Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta (Wali Kota Solo).

Dirinya juga menuliskan bahwa Jokowi memperlihatkan sosok kesantriannya saat duduk bersama orang yang disebutnya sebagai orang besar, Gus Dur. Demikian ia tunjukkan dengan sikap Jokowi saat emncium tangan Gus Dur hingga bahasa tubuh Jokowi saat duduk di samping Gus Dur. Di akhir tulisannya, ia mendoakan agar Jokowi dapat mewujdukan cita cita Gus Dur yang belum tercapai seperti memeratakan keadilan hingga memajukan kemanusiaan.

Berikut unggahan Blontank Poer di Facebook soal kisah foto foto Jokowi dan Gus Dur tersebut : "JOKOWI dan GUS DUR Tak sengaja bersih bersih CD koleksi foto lama, nemu adegan Pak Jokowi mencium tangan Gus Dur.

Peristiwa di Kraton Surakarta itu, menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30, 8 Januari 2006. Berarti, itu baru beberapa bulan Pak @jokowi menjabat Walikota Surakarta. Jebul, pada masa itu sudah kelihatan jejak kesantrian Jokowi. Tak hanya bisa disimak dari adegan cium tangan, tapi juga bahasa tubuhnya ketika duduk bersebelahan dengan orang besar bernama KH Abdurrahman Wahid. Semoga Pak Jokowi bisa mewujudkan cita cita besar Gus Dur yang belum kesampaian, memeratakan keadilan, memajukan kemanusiaan, memoersatukan Indonesia dan memupuk persaudaraan tanpa memandang latar belakang atau atribut kesukuan, agama dan sebagainya. amin.

Al Fatihah untuk Gus Dur."Blontank Poer di Facebook. Lalu begini viralnya warganet membagikan foto kebersamaan Jokowi dan Gus Dur di Twitter.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *