Gennaro Gattuso mempersembahkan keberhasilan membawa Napoli ke final Coppa Italia untuk adik perempuannya, Francesca, yang baru saja meninggal dunia. Napoli lolos ke final Coppa Italia setelah bermain imbang 1 1 melawan Inter Milan pada laga semifinal kedua, Sabtu (13/6/2020). Meski bermain imbang, Napoli berhak melaju ke final karena unggul agregat 2 1.

Gattuso kehilangan Francesca yang meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya, 11 hari sebelum partai semifinal kedua ini. Dikutip dari situs Football Italia , Francesca sudah menderita penyakit langka selama bertahun tahun dan beberapa kali naik meja operasi. Francesca sudah dirawat di rumah sakit sejak Februari 2020.

Namun, kondisinya semakin memburuk sebelum meninggal dunia pada 2 Juni 2020 saat berusia 37 tahun. Setelah membawa Napoli ke final Coppa Italia, Gattuso langsung mendedikasikan prestasi itu untuk mendiang adik perempuannya. "Saya ingin berterma kasih kepada dunia sepak bola. Semua orang yang terlibat di sana sangat dekat dengan saya dan keluarga saya," kata Gattuso dikutip dari situs Football Italia , Minggu (14/6/2020).

"Saya berada dalam masa sulit saat ini. Saya ingin mempersembahkan hal ini untuk keluarga, orang tua, dan tentu saudara perempuan saya," ujar Gattuso. "Kami semua sangat mencintai Francesca. Kami sangat kehilangan," tutur Gattuso menambahkan. Terkait laga semifinal kedua, Gattuso mengaku bangga dengan anak asuhnya yang mampu bertahan dari gempuran Inter Milan.

Gattuso menilai Napoli menunjukkan mental pemenang karena sempat tertinggal terlebih dahulu tetepi berhasil balik melawan hingga akhir. "Gol Inter Milan bukan karena kesalahan David Ospina (kiper Napoli). Itu adalah kesalahan dari cara kami bertahan saat sepak pojok," kata Gattuso. "Napoli adalah tim dengan kualitas luar biasa. Kami percaya dengan kemampuan kami. Jika bisa konsisten dalam bertahan dan menyerang, kami bisa meraih sesuatu luar biasa," tutur Gattuso.

Di partai final, Napoli akan menghadapi Juventus yang sudah lolos terlebih dahulu. Juventus melancarkan jalan ke final setelah unggul agresivitas gol tandang atas AC Milan dengan agregat 1 1, Jumat (12/6/2020). Laga final Juventus vs Napoli akan berlangsung Rabu (17/6/2020). Meski tahu laga final itu akan sulit, Gattuso yakin Napoli bisa mengalahkan Juventus untuk menjadi juara.

"Kami akan menghadapi Juventus, tim yang sudah terbiasa untuk menang dan punya mental hebat," kata Gattuso. "Kami harus bertarung habis habisan untuk laga itu. Kami tahu butuh performa luar biasa untuk membawa pulang trofi," tutur Gattuso. Selain Coppa Italia, Napoli masih berkompetisi di Liga Italia dan Liga Champions.

Di Liga Champions, Napoli sudah lolos sampai 16 besar dan masih menunggu jadwal leg kedua menghadapi Barcelona. Adapun di Liga Italia, Napoli yang sudah bermain 26 kali kini menempati peringkat enam dengan koleksi 39 poin. Enam hari setelah menghadapi Juventus, Napoli akan berhadapan dengan Hellas Verona pada laga pekan ke 28 Liga Italia, Selasa (23/6/2020).

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *