– Helmy Yahya adalah seorang pembawa acara televisi yang dijuluki Raja Kuis Indonesia. Namanya saat ini tengah trending karena heboh kabar dicopot dari posisi Dirut TVRI. Helmy Yahya dikenal sebagai Raja Kuis Indonesia setelah Ani Sumadi karena banyak menelurkan baik kuis kuis lokal rancangannya bersama tim. Beberapa kuis yang menjadi karya Helmy Yahya di antaranya, Pesona Nada (TVRI), Kuis Berpacu Dalam Melodi (TVRI, 1989 1998), Kuis Aksara Bermakna (TVRI, 1989 1996), Kuis Siapa Dia (TVRI, 1992 1998), Kuis Tak Tik Boom (RCTI, 1992), Kuis Aksara Bermakna (ANTV, 1997), Kuis Joshua (Indosiar, 1999 2001), Kuis Siapa Berani (Indosiar, 2000 2005), dan lain lain.

Selain itu, Helmy Yahya juga diketahui menggarap beberapa acara reality show, seperti Asli Apa Palsu (Asal) (SCTV), Mimpi Kali Yee (SCTV), Menembus Batas (ANTV), Playboy Kabel (SCTV), Uang Kaget (RCTI, 2004 2006), Tolooong (SCTV), Penghuni Terakhir (ANTV), Bedah Rumah (RCTI), Nikah Gratis, (RCTI), dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Helmy Yahya juga pernah mencoba mengikuti jejak sang kakak, Tantowi Yahya yang terjun di dunia politik. Sayangnya, langkah Helmy Yahya di dunia politik tidak semulus yang diperkirakan.

Helmy Yahya kalah di Pilgub Sumsel tahun 2008 dan di pemilihan bupati Ogan Ilir tahun 2010 dan 2015. Pada 2017 lalu, Helmy Yahya ditetapkan sebagai Direktur Utama TVRI periode 2017 2022 oleh Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI). (6) Namun pada Desember 2019 Helmy Yahya dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI.

Penonaktifan itu tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 3 Tahun 2019 tentang Penetapan Nonaktif Sementara dan Pelaksana Tugas Harian Direktur Utama LPP TVRI periode 2017 2022. Helmy Yahya lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 6 Maret 1963. Helmy Yahya merupakan anak bungsu dari empat bersaudara dan merupakan adik dari presenter Tantowi Yahya.

Helmy Yahya pernah menikah dengan wanita bernama Harfansi Yahya dan dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai empat orang anak. Pada Mei 2009, Helmy Yahya menggugat cerai istrinya karena perselingkuhan yang dilakukan sang istri. Helmy Yahya dan Harfansi resmi bercerai pada 6 Juni 2009.

Kemudian pada 17 Januari 2010, Helmy Yahya menikah dengan wanita bernama Febriyani Sjofjan. Ketika masih kecil, Helmy Yahya pernah bercita cita menjadi dokter. Namun, karena kondisi keterbatasan ekonomi akhirnya Helmy Yahya mengubur cita citanya tersebut.

Sejak kecil, Helmy Yahya dikenal sebagai anak yang berprestasi. Bahkan, Helmy Yahya meraih Top 5 Nasional saat lulus SMA pada 1981. Helmy Yahya pernah menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Namun, Helmy Yahya hanya dua bulan mengenyam bangku kuliah di IPB. Helmy Yahya hengkang karena mengaku hanya dibantu biaya kuliah saja di IPB, tanpa tanggungan biaya hidup. Setelah itu, Helmy Yahya mendaftar dan diterima di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN).

Helmy Yahya melanjutkan kuliah di STAN hingga lulus Diploma III tahun 1984 sebagai lulusan terbaik dengan IPK sempurna. Kemudian, Helmy Yahya melanjutkan kuliahnya hingga jenjang Diploma IV dan lulus tahun 1990 dengan predikat lulusan terbaik. Pasca lulus dari STAN, Helmy Yahya memperoleh beasiswa dari Bank Dunia untuk mengambil gelar Master of Professional Accounting di University of Miami, Florida, Amerika Serikat (AS). (4)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *