Thailand menjadi satu negara di Asia Tenggara yang cukup populer di kalangan backpacker. Biaya hidup yang murah membuat banyak backpacker dunia berbondong bondong mengunjungi Thailand. Selain biaya hidup yang terjangkau, Thailand juga terkenal akan keindahan alamnya yang memesona.

1. Nama Thailand dalam bahasa Thailand adalah Prathet Thai, yang berarti "Tanah Bebas." Thailand adalah satu satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa. 2. Thailand telah memiliki beberapa nama selama berabad abad.

Selama ratusan tahun negara ini dikenal dengan nama kota kota dominannya, seperti Sukhothai, Ayutthaya, dan Thonburi. Sejak 1800 an, telah berulang kali beralih antara Siam (bahasa Sansekerta yang berarti gelap atau cokelat) menjadi Thailand. 3. Thailand berbagi perbatasan dengan empat negara.

Myanmar (sebelumnya Burma) di utara dan barat, Laos di utara dan timur, Kamboja di tenggara, dan Malaysia di selatan. 4. Thailand adalah rumah bagi Buddha emas terbesar di dunia , pertanian buaya terbesar, restoran terbesar, dan jembatan gantung bentang tunggal terpanjang. 5. Agama Buddha adalah agama terbesar di Thailand dengan sekitar 94,6% dari populasi.

Muslim membentuk 4,6%, Kristen 0,7%, dan "lainnya" 0,1%. 6. Mamalia terkecil di dunia, Craseonycteris thonglongyai (kelelawar), ditemukan di Thailand. 7. Thailand menampung ikan terbesar di dunia , Rhincodon typus 12 meter, atau dikenal sebagai hiu paus.

8. Pada 1999, 30 dokter hewan bekerja untuk menyembuhkan kaki gajah berusia 38 tahun , yang hancur ketika menginjak ranjau darat di Thailand. Ini menetapkan rekor jumlah dokter hewan terbesar dalam satu prosedur. 9. Thailand adalah negara terbesar ke 51 di dunia.

Rusia adalah yang terbesar. Amerika Serikat adalah yang terbesar ketiga. 10. Nama tempat terpanjang di dunia adalah nama lengkap Bangkok, ibukota Thailand yakni: Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit.

Itu berarti “Kota Malaikat, Kota Besar Dewa, Kota yang Menakjubkan dari Sembilan Permata, Kursi Raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Inkarnasi Dewa, Dibangun oleh Visvakarman di Behest Indra.” 11. Satu abad yang lalu, Thailand utara ditutupi hutan. Saat ini hanya sekitar ¼ negara yang masih ditutupi hutan.

Thailand memiliki tingkat kehilangan hutan tertinggi kedua di Asia Tenggara. Hanya Singapura yang kehilangan lebih banyak. Hari ini, penebangan dilarang di Thailand.

12. Bangkok pernah disebut "Venice of the East" karena bangunan aslinya berdiri di atas Sungai Chao Phraya. Namun, ketika Bangkok tumbuh lebih besar, sebagian besar kanal dipenuhi dan diaspal. 13. Prostitusi secara teknis ilegal di Thailand, tetapi hukum sangat jarang ditegakkan.

Perkiraan jumlah pekerja seks bervariasi dari 30.000 hingga lebih dari 1 juta. 14. Thailand adalah rumah bagi ular terpanjang di dunia, ular sanca batik. Yang terbesar yang ditemukan membentang lebih dari 33 kaki (10 m) dari ujung ke ujung.

15. Thailand adalah rumah bagi ular beracun terpanjang di dunia, king kobra. King Kobra dapat mencapai lebih dari 18 kaki panjangnya, dan satu gigitannya dapat membunuh seekor gajah. 16. Tsunami 2004 menghantam dinding air setinggi 30 kaki di atas pantai Thailand, menewaskan lebih dari 8.000 orang.

Diperkirakan 1.500 anak anak Thailand kehilangan orang tua mereka dan lebih dari 150.000 orang Thailand yang bekerja di industri perikanan atau wisata kehilangan mata pencaharian mereka. 17. Sungai Mekong, yang merupakan bagian dari perbatasan timur Thailand, mendukung lebih dari 1.300 spesies ikan . Sungai Mekong memiliki beberapa jenis ikan air tawar terbesar di dunia, termasuk ikan lele raksasa yang dapat mencapai hampir 10 kaki panjang dan beratnya mencapai 660 pon.

18. Thailand Utara adalah produsen utama opium pada 1960 an dan 1970 an, yang merupakan sumber pendapatan utama bagi suku suku pegunungan. Ujung utara Thailand, ujung barat Laos, dan sudut timur Myanmar membentuk apa yang disebut "Segitiga Emas" dan terkenal karena produksi dan perdagangan opium dan heroin . 19. Raja yang paling lama memerintah di dunia adalah Bhumibol Adulyadej, yang menjadi Raja Rama IX pada Juni 1946.

Ia lahir di AS pada 1927 ketika ayahnya belajar kedokteran di Harvard. Dia memiliki paten dalam bentuk penyemaian awan dan memiliki gelar dalam bidang teknik dari Swiss . Dia juga memainkan saksofon dan menggubah lagu kebangsaan Thailand.

20. Lebih dari 1.500 spesies anggrek tumbuh liar di hutan Thailand. Thailand adalah eksportir anggrek nomor satu di dunia. 21. Satu dari 10 warga Thailand tinggal di Bangkok, ibu kota negara dan kota terbesar.

22. Satu abad yang lalu, lebih dari 100.000 gajah hidup di Thailand, dengan sekitar 20.000 di antaranya belum dijinakkan. Sekarang, ada sekitar 5.000, dengan kurang dari setengahnya liar. 23. Kasus HIV / Aids pertama kali dilaporkan di Thailand pada 1984.

Thailand saat ini memiliki prevalensi HIV tertinggi di Asia. 24. Setiap tahun, sekitar enam juta turis asing mengunjungi Thailand. Thailand juga telah menarik banyak ekspatriat dari negara maju.

25. Film yang telah difilmkan di Thailand termasuk The Big Boss (1941), Around the World in Eighty Days (1956), The Ugly American (1963), The Deer Hunter (1978), The Killing Fields (1984), Rambo: First Blood Bagian II (1985), Selamat Pagi Vietnam (1987), Tomorrow Never Dies (1997), The Beach (2000), Alexander (2004), Bridget Jones: Edge of Reason (2004), Star Wars: Episode III Revenge of the Sith (2005), Stealth (2005), dan The Hangover Part II (2011).

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *