Indonesia menawarkan beragam keindahan bawah laut yang menggoda kita untuk menjelajahinya. Dari birunya perairan Raja Ampat hingga keragamam biota di Wakatobi. Tempat menyelam terbaik di Indonesia ini bisa kamu jelajahi saat pandemi Covid 19 berakhir.

Kepulauan Raja Ampat adalah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Kamu akan dimanjakan oleh beragam terumbu karang yang indah, hiu wobbegong yang unik, dan penyu sisik yang berenang bebas. Keuntungan lain dari menyelam di perairan Raja Ampat adalah suhunya yang hangat sepanjang tahun dengan visibilitas yang bagus.

Kamu bisa menyelam dari kedalaman 10 hingga 40 meter (32 130 kaki). Ada beberapa tempat luar biasa yang harus dicoba, di antaranya Manta Ridge, Cape Kri, Manta Sandi, Pulau Farond dan Passage. Pemuteran adalah tempat menyelam yang terletak di Bali Barat yang menawarkan pemandangan bawah laut yang tenang.

Air jernih dikombinasikan dengan terumbu karang yang indah menciptakan sesuatu yang istimewa untuk eksplorasi menyelam. Tempat yang indah memiliki kuil Hindu bawah laut yang unik. Makhluk laut indah lainnya seperti kuda laut, ikan singa, dan gurita dapat terlihat di sini. Tempat ini direkomendasikan untuk pemula.

Berbagai macam ikan tropis, terumbu karang, dan pari manta dapat kamu temukan di perairan kawasan Taman Nasional Komodo. Jika beruntung, kamu dapat melihat hiu abu abu atau hiu martil. Untuk kondisi menyelam terbaik dengan jarak pandang yang luar biasa, kunjungi pada bulan Maret hingga Oktober. Jika ingin melihat manta rays, datang saja di musim hujan (Desember hingga Februari).

Taman Nasional Komodo dianggap sebagai tempat menyelam terbaik di Indonesia di samping Kepulauan Raja Ampat dan Kepulauan Bunaken. Menjelajahi dunia bawah laut yang menawan di Kepulauan Bunaken sangat luar biasa. Kamu dapat melihat banyak makhluk laut seperti hiu (hiu terumbu ujung putih dan ujung hitam), penyu, dan pari manta,.

Hewan laut ini berenang dengan indah di atas taman karang paling berwarna di bumi. Waktu terbaik untuk menyelam adalah di musim kemarau (dari Mei hingga Oktober). Kamu akan menikmati air biru yang hangat dengan visibilitas yang sangat jernih. Tidak akan ada penyesalan dalam petualangan bawah laut Bunaken.

Kepulauan Wakatobi adalah rumah bagi keanekaragaman hayati laut paling indah. Keunikan perairan di Kepulauan Wakatobi terletak pada keragaman terumbu karangnya. Selain itu kamu juga dapat menemukan hewan laut endemik seperti kuda laut dan ghost pipefish.

Kamu dapat membuat jadwal menyelam sendiri kapan saja sepanjang tahun, karena tempat ini lebih kering daripada di tempat lain di Indonesia. Selain eksplorasi menyelam, jangan lewatkan kesempatan untuk bertemu dengan suku laut setempat; suku Bajo. Tempat menyelam yang terletak di utara Bali ini tidak hanya terkenal akan keragaman karang dan hewan lautnya.

Pesona lain dari perairan di Kepulauan Menjangan adalah keberadaan Anker Wreck. Perahu kayu kuno ini dapat ditemukan di kedalaman 40 meter (130 kaki). Kami menyarankan kamu menyelam di musim kemarau (April hingga Oktober) untuk menghindari musim hujan.

Tempat menyelam di Kepulauan Gili tidak setenar Bunaken atau Komodo, namun, masih menawan untuk eksplorasi bawah laut. Air memiliki suhu yang terus menerus hangat berkisar antara 26 hingga 30 derajat Celcius (78 86 ° F). Terumbu karang, ikan berwarna warni, dan penyu hijau adalah sorotan utama.

Dianjurkan untuk pemula karena arusnya sangat ringan. Jika menginginkan suasana yang menantang, coba Shark Point dan Deep Turbo untuk pengalaman bertemu hiu. Tempat tempat lain bernama Halik Reef, Meno Wall, dan Sunset Reef juga baik untuk dijelajahi.

Keunikan perairan di Nusa Penida dan Nusa Lembongan adalah keberadaan mola mola lautnya yang unik. Mola mola ini hanya bisa kamu temukan pada bulan Agustus hingga Oktober. Ikan ini biasanya hidup di laut dalam, tetapi muncul di air dangkal pada bulan bulan tertentu.

Crystal Bay adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan Mola Mola.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *