Nasi goreng enak di Surabaya juga beragam variannya. Ada yang dicampur mie goreng hingga tinta cumi. Uenake rek!
Nasi goreng sebenarnya hidangan sederhana berupa nasi yang digoreng bersama aneka bumbu. Ada bawang putih, bawang merah, terasi, dan kecap manis yang jadi kuncinya. Meski begitu, di beberapa daerah muncul variasi nasi goreng yang dibedakan dari bumbunya.

Misalnya nasi goreng krengsengan khas Surabaya. Nasi goreng ini diberi tambahan mie goreng dan telur mata sapi. Konsepnya serupa dengan nasi goreng mawut yang juga populer di Magelang, Jawa Tengah, namun cara masaknya berbeda.

Surabaya juga punya nasi goreng unik berwarna hitam. Nasi goreng ini dibuat dari tinta cumi sebagai bahan utamanya. Bisa ditemui di penjual gerobakan, sangat disarankan untuk kamu cicip nasi goreng ini saat di Surabaya.

Berikut 5 nasi goreng enak di Surabaya yang sayang dilewatkan:

1. Nasi Goreng Pak Kumis

Nasi goreng enak di Surabaya pertama ada di Nasi Goreng Pak Kumis. Lokasinya di Jalan Taman Apsari 25A dan Jalan Arief Rahman Hakim 49. Warung nasi goreng ini buka tiap hari mulai pukul 5 sore. Menu andalannya nasi goreng krengsengan.

Nasi gorengnya berwarna kemerahan karena ditumis dengan saus tomat. Lalu dipadukan mie goreng yang dimasak terpisah dan pelengkap telur. Bisa minta telur mata sapi atau telur dadar. Harga per porsinya sekitar Rp 10.000 saja.

Karena harga terjangkau inilah banyak orang menyukai racikan Nasi Goreng Pak Kumis. Porsinya memang tidak terlalu besar, namun tak terlampau kecil juga. Nasi Goreng Pak Kumis punya nama lain Joko Dolog karena lokasinya di samping arca Joko Dolog.

2. Nasi Goreng Cak Tohir

Menyebut nasi goreng enak di Surabaya tak bisa meninggalkan buatan Cak Tohir. Lokasinya di Jalan Manyar Kerta Adi III No. 2, depan rumah T215. Nasi goreng di sini disebut legendaris karena sudah ada sejak 1994.

Ciri khasnya, Cak Tohir berjualan hanya pakai gerobak. Ia menggunakan wajan besar untuk meracik sekaligus 10 pesanan pembeli. Tipe nasi goreng buatannya adalah nasi goreng mawut dimana nasi dimasak jadi satu dengan mie goreng. Ada juga selingan daging ayam di antaranya.

Nasi goreng makin enak jika ditambah topping telur mata sapi. Soal harga, per porsinya terjangkau sekitar Rp 15.000 saja. Cak Tohir setiap hari selalu ramai dicari pembeli.

3. Nasi Goreng Kambing Idola

Di Jalan Raya Mulyosari No. 148, ada nasi goreng kambing terkenal di Surabaya. Nama warungnya Nasi Goreng Kambing Idola. Bumbu rempahnya disebut kuat dengan rasa cenderung gurih dan sedikit pedas. Beli nasi goreng kambing di sini bisa gratis telur mata sapi dan kerupuk.

Selain nasi goreng kambing, tersedia menu nasi goreng babat kambing, cumi lada hitam, ayam-sosis, dan telur. Enaknya lagi, beli nasi goreng di sini gratis telur mata sapi dan kerupuk.

Harga nasi goreng berkisar Rp 20.000-an. Uniknya di aplikasi ojek online, Nasi Goreng Kambing Idola menawarkan porsi jumbo yaitu 1,5 kali lebih besar dari biasanya. Harganya sekitar Rp 35.000.

4. Nasi Goreng Pak Niti

Nasi Goreng Pak Niti juga masuk rekomendasi nasi goreng enak di Surabaya. Lokasinya ada di Jalan Karang Empat Besar No. 35. Menu yang terkenal adalah nasi goreng krengsengan dimana nasi goreng disajikan bersama mie goreng.

Balutan bumbunya nampak tebal dengan pelengkap taburan bawang goreng, cabai rawit hijau, dan acar mentimun. Harga nasi gorengnya juga murah, sekitar Rp 18.000 saja. Untuk menu andalan, banyak orang merekomendasikan pesan nasi goreng krengsengan pedas.

Selain nasi goreng, Pak Niti juga jual mie goreng dengan ukuran mie yang besar-besar. Tak ketinggalah mihun yang unik. Pencinta nasi goreng pastikan mampir ke Nasi Goreng Pak Niti saat di Surabaya.

5. Nasi Goreng Cumi Pak Gatot BBM Ubaya

Satu lagi nasi goreng enak di Surabaya. Namanya Nasi Goreng Cumi Pak Gatot BBM Ubaya. Lokasinya di Rungkut Mejoyo Utara AH-19. Warung nasi goreng ini buka mulai pukul 17.30.

Yang meracik adalah Pak Gatot langsung. Nasi gorengnya diberi tambahan banyak cumi dan pelengkap telur dadar. Saat mampir di jam-jam ramai, pelanggan bisa saja antre sampai 1,5 jam.

Banyak orang suka dengan rasa gurih nasi goreng cumi Pak Gatot. Cuminya juga tidak terlalu lembek ataupun keras, jadi enak dipadukan dengan nasi goreng. Soal harga, nasi goreng cumi saja sekitar Rp 20.000.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *