Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut positivity rate atau tingkat positif Covid 19 di ibu kota berada di angka 3,8 persen dalam dua hari terakhir. Sedangkan secara rata rata 5 persen. Dengan angka demikian, Anies mengatakan kondisi Jakarta kian terkendali.

"Jakarta Alhamdulillah sudah satu bulan ini angka positifnya rata rata 5 persen. Bahkan dua hari ini 3,8 persen. Artinya kondisi di Jakarta sudah makin terkendali," kata Anies dalam video yang diunggah kanal Youtube Pemprov DKI, Jumat (26/6/2020). Berdasarkan angka risiko menurut World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia, angka positif DKI Jakarta jauh di bawah yang direkomendasikan WHO. WHO sendiri menetapkan angka positivity rate suatu wilayah harus 10 persen untuk bisa melaksanakan masa transisi.

Meski punya angka yang cukup rendah, Anies menegaskan pekerjaan Pemprov DKI dan masyarakat tidak boleh berhenti. Tantangan menurutnya belum selesai dan masih besar menyambut di masa mendatang. Sikap disiplin harus terus ditegakkan. "Tapi ini belum selesai, tantangannya masih besar. Ke depan, kita perlu lebih disiplin," ucapnya.

Mantan mendikbud ini mengajak masyarakat untuk memaknai pandemi Covid 19 tersebut sebagai ujian yang akan membawa hikmah. "Ujian yang memberikan hikmah. Tapi memang hikmah tidak pernah kemarin, hikmah selalu datangnya besok,"pungkas dia.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *